Serah terima Berita Acara Evaluasi Lapangan Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Apoteker (Dok.Humas UNIMUGO)

Gombong Unimugo – Jumat, 29 September 2023 Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) berkesempatan menggelar kegiatan Evaluasi Lapangan Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Program Profesi dari Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dikti Ristek)

Hadir pada kegiatan itu, Rektor UNIMUGO, Wakil Rektor 1-4, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Tim Dirjen Dikti Ristek, Tim LLDikti Wilayah VI,  Tim Task Force Pendirian Prodi Apoteker Unimugo dan Perceptor dari Puskesmas, Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, BPOM, Industri Farmasi yang kesemuanya adalah mitra kerjasama Unimugo pada pendirian Prodi Pendidikan Profesi Apoteker.

“Kesempatan yang berbahagia ini yang kami tunggu sejak dari awal dibukanya Prodi Farmasi Program Sarjana pada tahun 2016, Prodi Farmasi UNIMUGO terus berkomitmen untuk menjadi program studi yang unggul dalam bidang farmasi klinik, herbal, inovatif serta Islami pada tahun 2040”, ungkap Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp.Mat

‘Selain itu, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana perlengkapan peralatan laboratorium farmasi terus kita lakukan, saat ini ada 5 Dosen Prodi Farmasi sedang study lanjut program Doktoral, sehingga kami optimis Prodi Pendidikan Apoteker Unimugo atas ijin Allah SWT bisa di buka’, ungkapnya.

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Dirjen Dikti Ristek yang telah datang ke UNIMUGO untuk mengevaluasi pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker. ‘UNIMUGO memang berada di kecamatan yaitu Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, namun kami optimis animo masyarakat di Kebumen dan sekitarnya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di bidang kesehatan masih tinggi’, ujarnya

“Kepada tim task force pendirian Prodi Pendidikan Profesi Apoteker kami sampaikan terima kasih telah bekerjasama, kerja cepat dan kerja tuntas untuk menyiapkan keperluan dari penyusunan data, menyiapkan berkas dan yang lain untuk persiapan pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker ini”, ucapnya.

‘Harapannya, dengan adanya evaluasi lapangan ini, tim evaluator dari Dirjen Dikti Ristek dapat menilai bahwa UNIMUGO sudah siap membuka Prodi Pendidikan Apoteker, kalaupun masih ada kekurangan mohon arahan serta bimbingan dalam proses tersebut’, tutupnya.

Dr. Apt. Tiana Milanda, M.Si dari Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi pada sambutannya menyampaikan, ‘kami perwakilan dari Dikti Ristek mohon ijin untuk meninjau secara langsung apa yang sudah disampaikan melalui borang kelengkapan data di sistem agar nanti bisa kami sampaikan ke tim dari penilaian Dirjen Dikti Ristek terkait pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker.

‘Alhamdulillah pada kesempatan ini tim kami terdiri dari 7 orang, sesuai porsi dan kebutuhan agar bisa dengan maksimal dalam mengerjakan dan memberikan ulasan apa yang sudah disiapkan Unimugo untuk pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker, dan hasilnya akan kami sampaikan kepada tim penilai di Dikti Ristek’, ungkapnya.

Rangkaian Evaluasi Lapangan dimulai dengan sambutan dari Rektor Unimugo, Direktur Kelembagaan Dirjen Dikti Ristek, Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah dan Ketua Tim Evaluasi Lapangan. Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan presentasi oleh calon Kaprodi Pendidikan Profesi Apoteker, pemeriksan berkas dan dokumen, wawancara dengan calon dosen dan pemeriksaan sarana dan prasarana. Kegiatan Evaluasi Lapangan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker ditutup setelah pleno internal tim dan pleno tim evaluasi dengan Unimugo dengan serah terima berita acara dari Tim Evaluator kepada Rektor Unimugo. /TAY